Jumat, 21 September 2012

Keistimewaan Insan Di Hadapan Allah SWT

,
Ketahuilah olehmu bahwasanya Allah mengistimewakan kedudukan Insan (manusia) dari sekalian mahluk-Nya. Dia dimuliakan dan dia ditinggikan. manusia diciptakan untuk menunjukkan kemuliaan Allah. Dan segala sesuatu yang ada dalam alam ini dijadikan untuk manusia. Dan dijadikan manusia khusus untuk mengenal Allah, lalu mencintai-Nya. Lalu mendekatinya. Dan manusia pun diberikan kemuliaan untuk tidak diberikan kepada yang lain. Segala yang ada di atas bumi dan di bawah naungan langit disediakan untuk manusia. Bahkan malaikat sendiri pun, mahluk yang terdekat kepada Allah pun disediakan untuk berkhidmat kepada manusia atas kehendak Allah. Bahkan malaikat itulah yang disuruh Allah mengawal manusia di waktu tidurnya dan di waktu bangunnya, di waktu berjalan atau di waktu duduknya. Kepadanya dan ke atasnya diturunkan Kitab-Nya. Manusia yang diutus menjadi Rasul dan kepada sesamanya Utusan itu diutus. Bahkan ada di antara manusia yang diajak bercakap-cakap oleh Tuhan. Ada di antara manusia yang disebut Khalil Allah (Sahabat Allah). Ada yang diangkat menjadi Wali, ada yang dilantik menjadi Akhyar (orang baik-baik) dan ada juga yang diangkat menjadi Ahbaar (pendeta).

Allah jadikan mereka tempat menyimpan rahasia-Nya, perbendaharaan hikmat-Nya, pembalas cinta-Nya.

Untuk mereka dijadikan surga dan neraka, untuk mereka penciptaan dan perintah, untuk mereka pahala dan dosa; Semua berkisar sekitar manusia. Sebab itu untuk dialah kesimpulan penciptaan, kepada dialah yang tertuju pahala dan dosa.

Oleh sebab itu manusia adalah istimewa dibanding dengan seluruh mahluk. Allah menciptakan Insan dengan tangan-Nya sendiri. Yang ditiupkan kepadanya ialah Roh Tuhan sendiri, lalu disuruh malaikat bersujud kepadanya. Segala nama ditujukan kepadanya, yang malaikat sendiri tidak ditunjuki sampai sedemikian luas. Iblis pun karena bersalah memperdayakan manusia kena kutuk selama-lamanya, karena dia tidak mau bersujud kepada manusia. Sampai dijadikan mereka berseteru untuk selama-lamanya.

Semua ini hanya dapat disadari dengan Iman. Oleh sebab itu maka orang yang beriman adalah mutlak semulia-mulia mahluk Allah.

Ibnu Qayyim al-Jauziah

0 komentar to “Keistimewaan Insan Di Hadapan Allah SWT”

Posting Komentar

Hey © 2008 Template by:
SkinCorner