Kamis, 13 September 2012

Miniatur Kapal Dari Tulang Ikan Karya Erwan

,
Hari ini saya berkunjung ke rumah seorang teman saya. Dia seorang pengrajin, salah satu pengrajin kerajinan seni dari kota Kijang, Bintan Timur. Erwan, begitu nama teman saya ini yang bertempat tinggal di Jalan Sribayintan Kijang. Saya berkesempatan melihat-lihat hasil kerajinan yang ia ciptakan. Ada beberapa kerajinan seni yang ia tunjukkan kepada saya. Tetapi saya akan menceritakan salah satu kerajinan seni dari tulang ikan dan tulang yang terdapat dalam sotong besar yang ia hasilkan kali ini.

Dengan tulang ikan jebung dan dikombinasikan dengan tulang sotong besar, Erwan mendapat ide untuk menciptakan miniatur kapal tradisional. Saya sudah googling ke dunia maya, rasanya untuk hasil karya yang diciptakan Erwan sepertinya belum ada yang membuat. Ini yang pertama kalinya. Perlu juga diketahui, teman saya ini yaitu Erwan pernah mendapat juara 2 dalam perlombaan Sayembara Kerajinan Khas Bintan saat MTQ IV Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2012 di Desa Teluk Bakau, Bintan 15-22 Mei 2012 yang lalu.


Untuk membuat miniatur kapal tradisional dari tulang ikan ini, Erwan menjelaskan kepada saya bahan-bahan yang digunakan. Yaitu :
  • tulang kepala ikan jebung
  • tulang rahang ikan jebung
  • tulang yang terdapat di dalam sotong besar ukuran berat sekitar 2-3 kg
  • perekat
  • tali
  • cat pewarna

Paling banyak digunakan adalah tulang dari ikan jebung. Sedangkan yang agak sulit di dapat dari bahan-bahan tersebut di atas adalah tulang dada sotong besar, ini lumayan langka bahannya di sini.
 
Tulang ikan jebung ini di dapatkan dari teman yang habis makan ikan jebung bakar. Saat melihat sisa tulangnya, teman kita ini mendapatkan ide.

Singkat cerita saja, inilah hasil karya Erwan, kerajinan berbentuk kapal layar tradisional dari tulang ikan :



2 komentar to “Miniatur Kapal Dari Tulang Ikan Karya Erwan”

Posting Komentar

Hey © 2008 Template by:
SkinCorner